Latar Belakang Pembentukan LAPSPI

Latar belakang pembentukan LAPSPI – Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia tidak terlepas dari kenyataan bahwa dalam penyelesaian pengaduan Konsumen oleh Lembaga Perbankan seringkali tidak tercapai kesepakatan antara Konsumen dengan Lembaga Perbankan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa diluar Pengadilan yang ditangani oleh orang-orang yang memahami dunia perbankan.

Apa itu LAPSPI

Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI), adalah lembaga independen yang didirikan oleh Asosiasi Perbankan untuk memberikan layanan penyelesaian sengketa di sektor perbankan diluar Pengadilan.

Manfaat dan Tujuan LAPSPI

Kehadiran LAPSPI diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan tersedianya layanan penyelesaian sengketa di luar pengadilan untuk bidang jasa keuangan sektor Perbankan Umum/Syariah (termasuk Bank Asing dan Joint Venture) dan Bank Perkreditan Rakyat/Bank Perkreditan Rakyat Syariah, yang adil, cepat, murah dan efisien. Disisi lain keberadaan LAPSPI diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan, sehingga industri perbankan dapat tumbuh dengan stabil.