SEMINAR PENERAPAN MARKET CONDUCT DALAM INDUSTRI PERBANKAN & KONTES FOTO SELFIE LAPSPI 2019

Perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan bertujuan untuk menciptakan sistem perlindungan konsumen yang andal, meningkatkan pemberdayaan konsumen, dan menumbuhkan kesadaran Pelaku Usaha di Industri Keuangan. OJK telah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 1 Tahun 2013 yang mengatur tentang larangan dan kewajiban bagi penyedia jasa keuangan dalam melakukan kegiatan usahanya yang berhubungan dengan hak konsumen sektor keuangan. Peraturan tersebut diberlakukan mulai 1 Agustus 2014.

Tujuan OJK menerbitkan ketentuan tersebut adalah untuk menciptakan sistem perlindungan dan pemberdayaan konsumen serta untuk menumbuhkan kesadaran Pelaku Usaha Jasa Keuangan mengenai penanganan produk / layanan perbankan dari sejak pembuatan desain produk/layanan, penjualan sampai kepada penyelesaian sengketa (from A to Z). Dengan adanya ketentuan dimaksud, diharapkan dapat tercipta market conduct  yang baik dari kedua belah pihak.

Penerapan  market conduct yang baik akan dapat menekan keinginan para pihak untuk melakukan moral hazard. Dari beberapa kasus sengketa yang masuk dan ditangani LAPSPI menggambarkan bahwa pada kedua belah pihak memiliki indikasi dan potensi terhadap moral hazard.

Moral hazard terjadi karena terdapat pihak yang bertindak tidak sesuai dengan yang seharusnya dan pada umumnya berkaitan dengan nilai kejujuran atau kepantasan. Pencantuman klausula baku yang mengikat satu pihak, tidak adanya disclosure penuh dari pihak penyedia jasa keuangan, pemanfaatan produk bank oleh konsumen yang tidak memerlukan namun terus dibujuk dan kemudian terjadi default, adalah beberapa contoh yang dapat menimbulkan terjadinya moral hazard.

Penerapan market conduct secara seimbang dipercaya dapat menumbuhkembangkan sektor jasa keuangan secara sustain dan sekaligus kecerdasan literasi dari konsumen sektor perbankan. Oleh karena itu penting bagi suatu pelaku usaha jasa sektor perbankan dalam mengetahui dan menerapkan market conduct sebaik mungkin agar dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya moral hazard.

LAPSPI yang memiliki fungsi sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa perbankan perlu memberikan kontribusinya dalam hal sosialisasi ketentuan market conduct ini, supaya dapat diciptakan kelestarian hubungan jangka panjang antara konsumen dengan industri perbankan. Untuk itu, diadakanlah seminar yang bertajuk:

 

“PENERAPAN MARKET CONDUCT DALAM INDUSTRI PERBANKAN”

  • Hari dan Tanggal : 29 April 2019
  • Jam : 08:00-12.30WIB
  • Tempat : Hotel Pullman, Jl. M.H. Thamrin No.59, Menteng, Kota                                                   Jakarta Pusat,

Pembicara dan Moderator

  • Keynote speech : Bpk. Tirta Segara
    Anggota Dewan Komisioner EPK OJK
  • Moderator           : Ibu Dr. Wirdyaningsih, S.H., M.H.
                                       Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia
  • Narasumber :  1 Bernard (Direktorat Market Conduct OJK)
                                       Topik: “Penerapan Ketentuan Market Conduct dan Pengawasannya”                               2. Ibu Dr. Theresia Endang Ratnawati (Senior Adviser Legal BCA)
                                        Topik: “Problematika Penerapan Market Conduct VS  Target Bisnis dan
                                                        Risiko Hukum atau Reputasi”

Selain itu, untuk semakin memeriahkan acara, akan diadakan lomba foto selfie berhadiah dengan ketentuan sebagai berikut:

Lomba Foto Selfie Instagram LAPSPI

 

Kategori Peserta:
– Anggota & Dewan LAPSPI
– Tamu Undangan Seminar

Ketentuan Lomba Foto Selfie:
– Pengambilan foto selfie dilakukan saat acara seminar berlangsung
– Pengambilan foto selfie dilakukan menggunakan backwall foto yang telah disediakan oleh panita
– Peserta wajib mem follow instagram @lapspi_ dan @sekber_laps
–  Peserta men tag instagram @lapspi_ dan @sekber_laps pada foto yang di unggah
– Foto selfie diupload ke instagram dengan tag @lapspi_ dan hashtag #selfiecontestlapspi #4tahunlapspi
– Foto yang di tag merupakan foto yang diupload ke laman post, bukan stories
– Pemenang lomba foto akan diumumkan melalui laman post instagram @lapspi_

2019-04-26T16:18:07+07:0026 April 2019|Categories: Berita, Seminar|